Konfirmasi Bertambah 2 Orang Setelah Nunukan sempat zero kasus Covid-19.

Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Nunukan kembali bertambah dua orang, Sabtu (5/9/2020). Diketahui, kedua pasien ini merupakan pasien baru setelah Nunukan sempat zero kasus Covid-19.

Kedua pasien baru, yaitu (kode pasien) Nunukan53, laki-laki, umur 46, warga Kelurahan Nunukan Tengah dan Nunukan54, jenis kelamin laki-laki, umur 66, warga Kelurahan Nunukan Barat. Keduanya diduga tertular melalui transmisi lokal.

Juru Bicara Gugus Covid-19 Nunukan, Aris Suyono mengungkapkan, pasien Nunukan 53 diketahui positif Covid-19 setelah dilakukan pengambilan swab secara mandiri pada tanggal 1 September 2020. Saat ini pasien Nunukan53, sudah dirawat di ruang isolasi Covid-19 RSUD Nunukan.

Sementara pasien Nunukan54, sebelumnya merupakan pasien suspek yang dirawat di ruang Cempaka RSUD Nunukan. Ruang Cempaka merupakan ruang perawatan khusus pasien suspek Covid-19.

Sampel swab diambil pada tanggal 31 Agustus dan tanggal 1 September lalu, kemudian Jumat (4/9/2020), kemarin mendapatkan hasilnya terkonfirmasi positif.

“Sehingga otomatis hari ini ada penambahan dua pasien konfirmasi positif di Kabupaten Nunukan,” ujar Aris.

Dia mengatakan, atas temuan dua kasus baru, hari ini Tim Gerak Cepat (TGC) Puskesmas Nunukan sudah melakukan proses tracing.

Informasi awal yang didapat tim gugus tugas, pasien Nunukan53 dan Nunukan 54 ini, sejak 14 hari sebelumnya tidak pernah bepergian keluar dari Kabupaten Nunukan.

Sehingga, ada kemungkinan dan kesimpulan awal, keduanya tertular melalui transmisi lokal.

Melihat perkembangan pasien konfirmasi positif saat ini masih sangat dinamis, masih memungkinkan ada penambahan kasus mengingat Nunukan sudah transmisi lokal.

“Memang di bulan April lalu sudah dinyatakan dengan daerah transmisi lokal sehingga tidak menutup kemungkinan masih ada penularan di masyarakat,” kata Aris.

Untuk itu, mengimbau kepada masyarakat untuk mencegahnya dengan menerapkan protokol kesehatan terutama 3 M (menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan).

Selanjutnya, meningkatkan imunitas tubuh dan sudah seharusnya untuk selalu meningkatkan pola hidup bersih dan sehat.