Kodim 0903/Tsr Bersama Instalasi Terkait Pendampingan Cegah Penularan Covid-19 Pada Arus Balik Di Pelabuhan Speedboat

Tanjung Selor, Kodim 0903/TSR bersama Polres Bulungan melaksankan Pendampingan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Tarakan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Unit Penyelenggara Pelabuhan dan instansi terkait melaksanakan pemeriksaan dan swab antigen kepada pelaku perjalanan, dalam rangka pencegahan penyebaran dan pengendalian Covid-19 pada masa arus balik penumpang di pelabuhan speedboat Tanjung Selor, Minggu (16/5/2021).

Bupati Bulungan, Syarwani meninjau langsung di 2 pelabuhan yakni Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor dan Pelabuhan Kulteka pada pelaksanaan swab kepada penumpang speedboat. Hal itu menindaklanjuti surat dari Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kantor Kesehatan Pelabuhan Tarakan.

Bupati Bulungan Syarwani mengatakan Jadi swab ini serentak dilakukan di seluruh pelabuhan di Kaltara. Semua penumpang hari ini kita periksa swab antigen dalam rangka arus balik.

Kata dia, para penumpang dari Tarakan yang menuju ke Tanjung Selor semua diperiksa. Tentu tujuannya agar semua penumpang aman dan negatif saat sampai ke daerah tujuan. Begitu juga penumpang dari Bulungan petugas secara cepat memeriksa agar tidak ada yang berangkat ke Tarakan membawa penyakit.

Saat para penumpang sampai ke Tarakan atau melanjutkan perjalanan itu sudah aman karena telah mendapatkan swab dari Tanjung Selor, ungkapnya.

Dia mengatakan, tak hanya hari ini saja, informasi yang didapatkan dari Dinas Kesehatan Bulungan, pemeriksaan swab antigen ini akan berlanjut hingga 2 pekan mendatang. Apalagi dari Dinkes pun telah menyiapkan hingga 1.000 alat swab. Di mana alatnya itu patungan, ada dari Dinkes Bulungan, Dinkes Kaltara dan KKP Tarakan.

Jika didapati ada penumpang yang positif, tentu akan dilakukan tindakan oleh Satgas Covid-19 agar dikarantina. Supaya ini tidak menyebar ke lingkungan masyarakat, kita juga tidak izin berangkat ke Tarakan, tegasnya.

Dalam hal ini Kodim 0903/TSR selalu mendukung dan mengapresiasi kegiatan pemerintah dalam pencegahan penyebaran dan pengendalian Covid-19 pada masa arus balik penumpang di pelabuhan speedboat Tanjung Selor, semoga Covid 19 di wilayah Kab Bulungan segera berakhir.