Danramil 0903-04/TPU Pendampingan Bupati Bulungan Kunjungan Kerja Desa Wisata Mangrove Di Desa Ardimulyo

Tanjung Selor, Danramil 0903-04/TPU Kapten Inf Muhammad Jamil Pendampingan Bupati Bulungan Syarwani bersama Wakil Bupati Ingkong Ala melaksnakan kunjungan kerja dengan melihat progres perkembangan desa wisata mangrove yang berada di desa Ardimulyo kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, Sabtu (12/6/2021).

Desa yang sudah berstatus desa wisata ini memiliki potensi hutan mangrov maupun potensi perikanan hingga pertanian yang dapat meningkatkan perekonomian bagi desa Ardymulyo.

Sayrwani mengatakan pembangunan
Wisata mangrove ini dimulai pada tahun 2019 melalui Dana Desa dengan luas lahan sebesar 25 hektare. Diharapkan kepada Dinas terkait untuk terus bersinergi dalam mengembangkan desa wisata di desa Ardimulyo ini.

Syarwani menyatakan berdasarakan informasi dari Kepala Desa bahwa wisata mangrov ardimulyo ditunjuk dan menerima bantuan pembangunan dari Asperindo yang dimulai pada tahun 2021 hingga 2026. Untuk tahun 2021 ini Bantuan pembangunan itu akan dimulai bulan Juli, namun sebelum bulan Juli Pemerintah Desa Ardimulyo akan mendiskusikan bersama OPD terkait Pemkab Bulungan, untuk bersama sama memberikan masukan dalam pengembangan desa wisata ini sehingga dapat menjadi pusat kegiatan perekonomian.

Syarwani menyebutkan tahun ini beberapa program pembangunan dalam pengembangan wisata mangrove diantaranya Master plan jalan track, mushola, pengembangan UMKM, dan Menara Pandang. Demikian juga dalam pengembangan keramba kepiting diharapkan dinas Perikanan Bulungan untuk membina sehingga wisata di desa ini dapat berkembang kedepannya.

Dengan melibatkan dan berkolaborasi dengan OPD terkait diharapkan wisatawan yang datang tidak hanya melihat tempat wisata mangrove saja namun ada potensi lain yang dilihat, ujar Syarwani.

Syarwani berharap kepada Dinas Pariwisata Bulungan untuk menyerahkan aset aset desa sehingga desa dapat mengelolanya langsung, Kalau pengelolaan tempat wisata itu ditangani langsung oleh Pemdes diharapkan dapat menjadi sumber pendapatan desa dan desa dapat membuka lapangan kerja di desa itu, tinggal pembinaan oleh Pemkab Bulungan, ujar Sayrwani.

Degan adadnya objek wisata di Bulungan kegiatan ekonomi bisa berjalan dengan baik, Atas nama Pemerintah Daerah saya memberikan apresiasi kepada Pemdes yang sudah mengembangkan potensi yang ada di desa ini, tinggal usaha dan pengembangan yang terus dilaksanakan, ungkap Syarwani.

Usai meninjau perkembangan desa wisata mangrov Bupati Bulungan juga
Menghadiri syukuran panen di Desa Panca Agung Alhamdulillah usai melaksanakan kunjungan di wisata mangrove saya bersama bupati menghadiri panen padi, padi yang di panen seluas 150 hektare semoga musim tanam berikutnya dapat memproduksi hasil pertanian di desa panca agung, tandas Syarwani.