Kodim 0903/Bulungan Bersama Instansi Terkait Lakukan Karya Bakti Bersihkan Sampah di Pasar Induk Tanjung Selor

Tanjung Selor, Dalam rangka terus menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan di masa pandemi Covid-19, Kodim 0903/Bulungan bersama Polres Bulungan serta instansi pemerintah dan masyarakat melaksanakan karya bakti pembersihan sampah di pasar induk Tanjung Selor bertempat di Jalan Sengkawit Tanjung Selor, Rabu (20/10/2021).

Hadir dalam kegiatan karya bakti antara lain Kodim 0903/Bulungan, Polres Bulungan, Dinas DLH Bulungan, Kompi B Yonif Raider 613/Raja Alam, Upt Pasar Induk dan pokja kebersihan serta masyarakat sekitar.

Kegiatan karya bakti tersebut dengan sasaran meliputi pembersihan parit di seputaran dalam pasar, pembersihan sampah lokasi pasar dan pembersihan ranting pohon yang membahayakan.

Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto, SH mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk membudayakan pola hidup bersih dan sehat serta menjaga lingkungan tetap nyaman, karena Pasar merupakan pusat transaksi jual beli dan berinteraksi sebuah komunitas sosial.

Pasar juga merupakan tempat barang-barang kebutuhan diperjual belikan. Pada umumnya, pasar adalah sebagai penyumbang sampah yang angkanya cukup signifikan selain sampah rumah tangga dalam kehidupan masyarakat, ujarnya.

Menurut dia, kegiatan itu tidak hanya dilaksanakan sekali saja namun akan berkelanjutan, sehingga secara tidak langsung mengajak warga di sekitar kompleks pasar untuk ikut peduli menjaga kebersihan lingkungan, serta mewujudkan lingkungan pasar yang bersih, sehat dan nyaman sebagai tempat bertransaksi antara penjual dan pembeli, terangnya.

Kebersamaan dengan seluruh komponen masyarakat, sebagai bentuk kepedulian akan kebersihan lingkungan. Disamping itu kegiatan tersebut merupakan hal positif yang bertujuan membangun masyarakat dalam menumbuhkan semangat gotong royong, ungkapnya.

Dengan kegiatan bersih-bersih ini, diharapkan agar lingkungan pasar menjadi asri dan indah serta terciptanya lingkungan yang sehat. Selain itu juga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dan tidak lagi membuang sampah sembarangan, harapnya.