Babinsa Panca Agung Dampingi Panen Padi Gunakan Mesin Combine

Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-04/TPU Babinsa Sertu Sutarno melaksanakan pendampingan panen padi sawah dengan menggunakan mesin panen padi Combine di lahan milik bapak Suyit Poktani Sumber rejeki dengan luas lahan 1 Ha varietas IR 32 (Impari) dengan hasil panen -+ 2,8 Ton padi basah bertempat di Desa Panca Agung, Kec Tanjung Palas Utara, Senin (23/5/2022).

Sertu Sutarno mengatakan pendampingan panen padi menggunakan alat modern mesin pemanen padi (Combine Harvester), pastinya akan lebih efisien dan menghemat pengeluaran bagi petani dalam proses panennya dibandingkan dengan menggunakan tenaga manusia akan mengeluarkan biaya lebih banyak lagi, selain itu juga bisa meminimalkan bulir padi yang terbuang sia-sia karena padi langsung masuk ke kantong yang telah ditempatkan pada mesin panen.

Dengan memberikan pendampingan ke warga yang sedang memanen padi, Babinsa sudah melaksanakan tugas kewilayahan yang di perintahkan oleh Komando Atas, Bukan hanya saat panen padi saja tetapi juga di saat penyemaian bibit padi, pengolahan lahan sawah, perawatan sampai panen padi.

Secara singkat panen padi dengan menggunakan peralatan mesin modern Mini Combine Harvester (MICO) ini, para petani merasa diuntungkan. Salah satunya menghemat tenaga, mempercepat kerja dan biaya bisa ditekan serta membantu proses kecepatan waktu panen yang selanjutnya dapat diupayakan percepatan tanam.