Babinsa Bersama Masyarakat Peduli Api Lakukan Pencegahan Karhutla Dengan Rutin Patroli dan Sosialisasi

Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-04/Tpu Babinsa Sertu Sutarno bersama Masyarakat Peduli Api (MPA) Dinas Kehutanan Prov Kaltara serta Kepala Desa Pimping tingkatkan tindakan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan dengan berpatroli dan sosialisasi pencegahan Karhutla kepada warga di wilayah Desa Pimping, Kec Tanjung Palas Utara, Jumat (2/9/2022).

Sertu Sutarno mengatakan kegiatan ini dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan maka pihaknya rutin patroli dan sosialisasi kepada masyarakat. Kami juga menghimbau masyarakat agar tidak lagi membuka lahan dengan cara membakar.

Kebakaran hutan dan lahan apabila sudah terjadi meluas maka akan sangat susah untuk di padamkan apalagi kalau kebakaran tersebut terjadi pada area gambut yang susah untuk di jangkau

Lebih lanjut mengimbau kepada masyarakat agar arif dan bijaksana dalam membuka lahan perkebunan atau pertanian secara humanis dan ramah lingkungan agar tidak merusak ekosistem sekitar.

Kita mengimbau kepada warga agar turut menjaga serta mencegah terjadinya pembakaran hutan dan lahan. Masyarakat juga diharapkan apabila ditemukan tanda-tanda kebakaran, untuk segera melaporkan ke petugas terkait terutama dengan Babinsa yang ada di wilayahnya.