Babinsa Gunung Sari Hadiri Penyuluhan Gerakan Kesehatan Jiwa

Tanjung Selor, anggota Koramil 0903-06/Tanjung Selor Babinsa Desa Gunung Sari Serda La Adenyong bersama warga melaksanakan gerakan kesehatan kelas edukasi jiwa UPT Puskesmas Bumi Rahayu bertempat di Desa Gunung Sari Kec Tanjung Selor, Kamis (25/5/2023).

Serda La Adenyong mengatakan penanganan kesehatan jiwa dimulai dari laporan keluarga atau masyarakat kepada Kelurahan, kemudian dilanjutkan laporan kepada Kecamatan, Puskesmas, TKSK,Babinsa dan Bhabinkamtibmas, kemudian koordinasi dengan Dinas Sosial. Selain itu yang paling penting dalam proses ini adalah peran kooperatif dari keluarga, jelasnya.

“Harapannya setelah diselenggarakan penyuluhan ini kader-kader kesehatan di tiap Rw bisa mengetahui gejala-gejala gangguan jiwa di masyarakat, sehingga bisa menghindari resiko gangguan jiwa dan yang mengalami gangguan jiwa bisa mendapatkan penanganan yang tepat,”ungkapnya.

Layanan kesehatan primer terutama puskesmas sebagai ujung tombak layanan kesehatan di masyarakat memiliki peran yang sangat penting. Puskesmas diharapkan berperan dalam penyediaan layanan kesehatan jiwa yang terpadu dengan layanan kesehatan umum. Penyediaan layanan kesehatan jiwa dasar di puskesmas harus tetap dijalankan untuk memenuhi hak dan kebutuhan masyarakat.

Babinsa selalu melaksanakan pendampingan kepada program program pemerintah terutama dinas kesehatan dalam upaya menciptakan masyarakat di binaan yang sehat dan sejahtera.