Dukung Ketahanan Pangan Babinsa Koramil Tanjung Palas Timur Bantu Petani Penyemprotan Tanaman Padi

Tanjung Selor, anggota Koramil Tanjung Palas Timur babinsa Sajau Kopka Sopyan Majidi melaksanakan pendampingan petani dalam penyemprotan tanaman padi bertempat di Desa Sajau Kec Tanjung Palas Timur, Jumat (5/1/2024).

Kopka Sopyan Majidi mengatakan penyemprotan ini bertujuan mengantisipasi hama ulat maupun wereng. Selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang akan tumbuh di sekitar tanaman padi.

Lebih lanjutnya mengatakan jika waktu penyemprotan yang baik, pada pagi hari yaitu ketika air embun mulai hilang dan sebelum terik matahari menyengat atau antara pukul 08.00 hingga menjelang pukul 11.00 WITA Sebab, saat matahari menyengat wereng akan bersembunyi sehingga kesulitan untuk kontak dengan insektisida. Untuk itu jangan menyemprot saat panas terik dan kering, atau saat angin sangat kencang dan akan turun hujan.

Sedangkan pada sore hari, penyemprotan dilakukan pada pukul 15.00 hingga menjelang pukul 17.00 WITA, Yakni dengan melakukan penyemprotan pada pangkal batang padi, karena saat itu wereng biasanya menetap pada pangkal batang padi.

Menurutnya, keberhasilan dalam bidang pertanian akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat. Dengan demikian masyarakat akan terpenuhinya persediaan pangan dan kesejahteraan masyarakat akan terjamin.