Posko Terpadu Pengawasan dan Pengamanan Angkutan Speed Boat Reguler Masa Lebaran di Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor

Tanjung Selor, anggota Kodim 0903/Bulungan dan Polresta Bulungan serta instansi terkait melaksanakan kegiatan Posko Terpadu Pengawasan dan pengamanan Angkutan Speed Boat Reguler Masa Lebaran Tahun 1445 H/2024 M Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor Arus Mudik dan arus balik lebaran bertempat di Tanjung Selor Kab Bulungan, Sabtu (13/4/2024).

Menjelang dan selama masa Lebaran, arus mudik dan arus balik menjadi perhatian utama bagi Kodim 0903/Bulungan dan Polresta Bulungan serta instansi terkait dalam menjaga keselamatan dan kelancaran transportasi. Salah satu moda transportasi yang banyak digunakan adalah speed boat, khususnya di wilayah-wilayah kepulauan seperti Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. Untuk memastikan pengawasan dan pengamanan angkutan speed boat reguler selama masa Lebaran tahun 1445 H/2024 M, pemerintah mendirikan Posko Terpadu di Pelabuhan Kayan II, Tanjung Selor.

Anggota Kodim 0903/Bulungan Sertu Maulana yang melaksanakan pengamanan mengatakan Posko Terpadu ini berperan sebagai pusat koordinasi antara berbagai instansi terkait, seperti TNI Polri, keamanan laut, dan otoritas pelabuhan. Tujuannya adalah untuk memastikan pengawasan yang ketat terhadap angkutan speed boat reguler yang beroperasi selama masa Lebaran.

Posko Terpadu akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap speed boat yang beroperasi, termasuk memastikan kelengkapan dokumen dan standar keselamatan.

Menjaga keamanan di sekitar pelabuhan dan wilayah pelayaran, termasuk pencegahan terhadap tindak kriminalitas dan kecelakaan laut.

Memberikan penyuluhan kepada pemilik dan pengguna speed boat mengenai pentingnya keselamatan berlayar dan aturan pelayaran yang berlaku.

Menyediakan informasi terkini mengenai cuaca, kondisi pelayaran, dan arus lalu lintas laut kepada para pelaut.

Posko Terpadu ini beroperasi atas kerja sama antar berbagai instansi terkait yang tergabung di dalamnya. Koordinasi yang baik antarinstansi menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga pengawasan dan pengamanan selama masa Lebaran. Selain itu, kerja sama dengan masyarakat setempat juga penting untuk mendukung upaya-upaya pengawasan dan pengamanan ini.

Posko Terpadu Pengawasan dan Pengamanan Angkutan Speed Boat Reguler di Pelabuhan Kayan II, Tanjung Selor, merupakan langkah konkret pemerintah dalam menjaga keselamatan dan kelancaran arus mudik dan arus balik Lebaran. Dengan adanya posko ini, diharapkan dapat tercipta kondisi pelayaran yang aman, nyaman, dan teratur bagi para pemudik dan pengguna jasa transportasi laut.