Babinsa Jajaran Kodim 0903/Bulungan Bantu Padamkan Kebakaran Lahan

Tanjung Selor, Kebakaran lahan kembali terjadi, kali ini terjadi di RT 7, Desa Sajau Hilir, Kecamatan Tanjung Palas Timur, tepatnya di wilayah permukiman transmigrasi yang menghanguskan -+ 15 Ha lahan begitu juga di Desa Jelarai KM 4 terjadi kebakaran lahan yang menghanguskan -+ 5 Ha, Rabu (4/8/2021).

Mendapatkan informasi kebakaran tersebut anggota Babinsa Koramil 0903-01/Tanjung Palas bersama Bhabinkamtibmas dan pemadam kebakaran serta masyarakat segera menuju kelokasi guna memadamkan api tersebut.

Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto menuturkan bahwa telah memerintahkan kepada para Babinsa agar selalu menghimbau kepada warganya untuk tidak membakar lahan perkebunan atau pada saat membuka lahan, selama musim kemarau ini.

“Saya meminta satgas Karhutla secara proaktif melakukan sosialisasi dan penanggulangan bersama warga setempat. Agar mereka merasakan juga susahnya memadamkan kebakaran lahan” ungkapnya.

Kita juga akan berkordinasi dengan pihak terkait untuk memberikan edukasi juga mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya dan dampak dari membakar lahan apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau.

Dandim berharap, agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali, dan kepada seluruh masyarakat agar tidak membakar hutan atau lahan dengan alasan apapun. Masalah kebakaran hutan dan lahan bukan semata – mata menjadi tanggung jawab TNI, Polri dan Pemda saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab bersama.

Sinergitas TNI-Polri dan instansi terkait yang tergabung Tim Terpadu Pencegahan Karhutla Kabupaten Bulungan yang berjibaku bersama-sama semaksimal mungkin dalam memadamkan kebakaran hutan dan lahan, tutupnya.