Antusias Tinggi, Kuota Vaksin Terbatas, Pelajar Prioritas Divaksin

TANJUNG SELOR – Kodim 0903/Bulungan kembali menggelar vaksinasi masal. Kegiatan yang digelar di Koramil 0903-05/Sekatak ini dihadiri langsung oleh Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto, S.H didampingi Pasi Ter Kodim 0903/Bulungan Mayor Inf Adil Wijaya dan Danramil 0903-05/Sekatak Kapten Inf Yudi Gunawan dan Iptu Mahmud Kapolsek Sekatak.
Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto,S.H mengatakan, antusias masyarakat menerima vaksin di Sekatak cukup tinggi. Kemarin, ada 150 dosis yang disiapkan. Sementara, yang ingin divaksin diatas 500 orang.

“Melihat antusias masyarakat hari ini kita sangat puas sekali,” kata Dandim 0903/Bulungan Kolonel Inf Akatoto,S.H kepada pendim usai meninjau pelaksanaan vaksinasi, Kamis (9/9/2021).

Sebenarnya, terkait ketersediaan vaksin ini tergantung dari pemerintah pusat. Jika, ada dropping vaksin maka pelaksanaan vaksinasi di daerah ini akan langsung dilaksanakan.

“Tetapi, dengan tingginya antusias masyarakat ini bisa menjadi masukan kita kepada pemerintah untuk menambah kuota vaksin yang lebih banyak,” ujarnya.
Sehingga, pelaksanaan vaksinasi di Bulungan bisa lebih dimaksimalkan.

Sebelumnya, Senin (6/9), kegiatan vaksinasi juga sudah digelar di Koramil Peso sebanyak 350 dosis dan Koramil Tanjung Palas 350 dosis. “Kebetulan kami dapat lagi kuota sebanyak 700 dosis,” bebernya.

Nantinya, 700 dosis ini akan diberikan kepada masyarakat Kecamatan Tanjung Palas Timur sebanyak 350 dosis dan 350 dosis di Tanjung Palas Utara.

“Jadi, pemberian vaksin ini tidak hanya terpusat di Tanjung Selor saja. Karena kita arahkan langsung ke setiap wilayah kecamatan,” ujarnya.

Sehingga masyarakat di setiap wilayah kecamatan bisa lebih cepat menerima vaksin dari pada harus ke Tanjung Selor. Informasinya, dalam waktu dekat ini vaksin sebanyak 10 ribu vial akan tiba di Bulungan.

“Nah, tinggal pembagiannya saja berapa. Yang pasti berapapun jumlah vaksin yang diberikan akan tetap kami maksimalkan. Khususnya, bagi masyarakat di wilayah pedalaman,” tegasnya.

Selain masyarakat umum, vaksinasi kali ini juga diprioritaskan untuk pelajar di satuan pendidikan SMP dan SMA yang berusia diatas 12 tahun.

“Vaksin ini kita prioritaskan kepada pelajar untuk mendukung rencana pemerintah melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM),” ungkapnya.

Dalam hal ini, Dandim mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk terus disiplin protokol kesehatan (prokes) walaupun sudah menerima vaksin dosis kedua.
“Untuk masyarakat di wilayah pedalaman tidak perlu khawatir terkait vaksinasi ini. Pokoknya, ada vaksin kita laksanakan. Kalaupun belum ada vaksin yang tersedia daftar saja dahulu. Kita juga akan tetap berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Bulungan,” ujarnya.

Sementara itu, Danramil 0903-05/Sekatak Kapten Inf Yudi Gunawan mengatakan, kemarin total ada 350 dosis yang disuntikan dengan rincian 73 dosis untuk siswa SMP dan 105 siswa SMA. “172 dosis diberikan kepada masyarakat umum,” singkatnya.