Kasdim 0903/Bulungan Hadiri Penyaluran Bantuan Ke Transmigrasi di Bulungan

Tanjung Selor, Kunjungan kerja Anggota Komisi V DPR RI dan Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (P2KT) membawa banyak berkah ke transmigran di Kabupaten Bulungan. Sejumlah bantuan disalurkan seperti pembangunan rumah dan kantor UPT (Unit Permukiman Transmigrasi), perlengkapan Kesehatan, peningkatan tanggul, perlengkapan Kesehatan dan obat-obatan hingga pengadaan sarana pendidikan, sarana olahraga dan sarana kelembagaan. Bantuan diserahkan kepada Bupati Bulungan, Syarwani, S.Pd, M.Si di UPT SP 10 Tanjung Buka, Kecamatan Tanjung Palas Tengah, Kamis (28/10/2021).

Bupati menyampaikan terima kasih atas berbagai bantuan yang disalurkan kepada masyarakat transmigran di Bulungan. Bupati berharap, DPR RI dan Dirjen P2KT dapat melihat langsung situasi dan kondisi di lapangan, sebagai bahan masukan serta evaluasi dalam pembangunan dan pengembangan kawasan transmigrasi ke depannya.

“Seperti diketahui, program transmigrasi ini melibatkan lintas sektor, selain dari transmigrasi, juga dari pertanahan, pertanian, pekerjaan umum, kependudukan dan sektor terkait lainnya. Pemkab Bulungan juga memiliki visi mewujudkan Kabupaten Bulungan yang berdaulat pangan, maju dan sejahtera,” ujar Bupati didampingi Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala, SE, M.Si dan Kasdim 0903/Bulungan Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si.

Dirjen P2KT Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Ir Rr Aisyah Gamawati, MM turut membuka pelatihan kewirausahaan kripik ikan kepada 50 KK transmigran asal Provinsi Jawa Timur di lokasi UPT SP 10 Tanjung Buka.

“Saya berharap bapak ibu transmigran mengikuti pelatihan ini dengan semangat karena tujuannya untuk meningkatkan keahlian bapak ibu sekalian,” pesannya. Sementara, Anggota Komisi V DPR RI, Dra Sri Rahayu meminta Kemendes PDT dan Transmigrasi serta Pemkab Bulungan terus berupaya menyukseskan program-program terkait transmigrasi.

“Saya minta para transmigran dapat sabar, paham dan tidak memiliki perasaan terbuang karena program ini bertujuan untuk meraih masa depan yang lebih baik,” ujarnya. Dipaparkan, bantuan sosial budaya dari Komisi V DPR RI dan Kemendes PDT dan Transmigrasi yang disalurkan terdiri pembangunan rumah petugas 1 unit di UPT SP 10, pembangunan kantor unit permukiman transmigrasi 1 unit di UPT SP 10 dan peningkatan tanggul sepanjang 5,94 kilometer di UPT Sepunggur.
Lalu bantuan sarana produksi pertanian berupa Saprotan Lahan Usaha T3 / Paket C 390 KK, produksi mendukung Prukades (Pengembangan Ketahanan Pangan di 5 UPT Bina). Kemudian layanan sosial budaya berupa pengadaan perlengkapan dan obat-obatan kesehatan di 5 UPT Bina, bantuan sosial budaya 1 paket di UPT SP 10 berupa pengadaan sarana pendidikan, sarana olahraga, sarana kelembagaan serta bantuan 1 unit genset dan Speaker Wireless Portable.

Turut dibagikan pula sertifikat kepada transmigran sebanyak 705 bidang terdiri SP 5 sebanyak 92 bidang, SP 6 sebanyak 50 bidang, Salimbatu SP 7 sebanyak 77 bidang, SP. 2 sebanyak 147 bidang, SP 8 sebanyak 76 bidang, SP 9 sebanyak 45 bidang, dan SP 3 sebanyak 218 bidang.