Kasdim 0903/Bulungan Hadiri Festival Sungai Kayan Lomba Speed Ketinting Dan Lomba Perahu Dayung

Tanjung Selor, Kasdim 0903/Bulungan Letkol Inf Agus Sulistiyo, S. Sos., M. Si bersama Wakil Gubernur Kaltara Dr. Drs. Yansen Tipa Padan, M.Si dan Bupati Bulungan bapak Swarwani, S.Pd M.Si serta Forkopimda hadiri kegiatan Festival Sungai Kayan Lomba Speed Ketinting Dan Lomba Perahu Dayung Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Ke 231 Kota Tanjung Selor dan Ke 61 Kab Bulungan, Festival sungai Kayan yang digelar oleh KORMI Bulungan ini, dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kaltara Yansen TP, di pelabuhan VIP Tanjung Selor, Selasa (19/10/2021).

Pembukan Festival Sungai Kayan juga ditandai dengan konvoi sepanjang sungai Kayan menggunakan speed ketinting yang ditumpangi oleh Wakil Gubernur Kaltara, Bupati Bulungan, Wakil Bupati dan forkopimda serta menampilkan ski air

Syarwani mengatakan ada dua kategori yang diperlombakan dalam Festival Sungai Kayan, yang digarap oleh KORMI Bulungan. Yakni lomba speed ketinting dan perahu dayung. Dengan mengambil lokasi perlombaan di Pelabuhan VIP Tanjung Selor, yang akan terlaksana selama dua hari, 19 dan 20 Oktober 2021.

“Alhamdulillah antusias masyarakat sangat tingggi, sehingga Jumlah peserta yang tampil di lomba speed ketinting sebanyak 133 orang, dengan rincian 89 peserta di kelas 5-6 PK dan 44 peserta kelas 13 PK.
Sedangkan di kategori lomba perahu dayung hanya ada 10 regu.

Dalam sambutannya, Ketua KORMI Bulungan Syarwani memberikan apresiasi kepada jajaran panitia yang telah bekerja keras dan sumbangsih, atas terlaksananya Festival Sungai Kayan ini.

“Festival Sungai Kayan ini sebagai momentum dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulungan ke 61 dan Kota Tanjung Selor ke 231,” kata Syarwani.

Syarwani menuturkan, Sungai Kayan ini menghubungkan antar desa dan kecamatan yang ada di Bulungan, untuk bisa menuju ke Kecamatan Tanjung Selor. “Sungai Kayan ini merupakan anugerah dari Tuhan dan sejarah bagi Kabupaten Bulungan,” ucap Syarwani.

Menurut Syarwani, adanya momentum Festival Sungai Kayan ini mengembalikan ciri khas Bulungan, yang menggunakan fasilitas perahu ketinting dan dayung, yang sudah ada sejak dulu kala. “Sekaligus ini juga memastikan sebagai identitas kearifan lokal di Bulungan,” ujar Syarwani

Syarwani berpesan kepada peserta yang mengikuti lomba, agar berhati-hati. Jangan sampai dalam lomba menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.

“Harus menjunjung tinggi sportivitas. Jangan sampai memecah tali silaturahmi. Peserta harus siap menang siap kalah,” pesannya.

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bulungan, saat Hari Jadi tetap akan menggelar Festival Sungai Kayan. ” Insya Allah Festival ini kita agendakan setiap tahun bisa terlaksana,” ujar Syarwani.

Tak hanya lomba speed ketinting dan perahu dayung dalam festival sungai kayan, namun pelaku UMKM juga turut ambil abgaianselama kegiatan berlangsung untuk menampilkan prodak lokal di sepanjang sungai kayan.

“Demikian pula selama kegiatan ini juga telah dibuka dua gray untuk pelaksanaan vaksinasi di Bulungan, karena ini bagian komitmen kita dalam memastikan keselamatan dan kesehatan masyarakat Bulungan,” tandas Syarwani.

Dalam hal ini Kodim 0903/Bulungan mengucapkan selamat atas terselenggaranya kegiatan Festival Sungai Kayan Lomba Speed Ketinting Dan Lomba Perahu Dayung Dalam Rangka Memperingati Hari Jadi Ke 231 Kota Tanjung Selor dan Ke 61 Kab Bulungan.